SALAH LANGKAH TAPI ADA-ADA BENARNYA (MEMBALIKKAN PERMAINAN DENGAN TAKTIK JiTU) DI TENGAH PERMAINAN PADA TURNAMEN KEJUARAAN CATUR HARIAN CHESS.COM 2025
S̬A̬L̬A̬H̬ L̬A̬N̬G̬K̬A̬H̬ T̬A̬P̬I̬ A̬D̬A̬-̬A̬D̬A̬ B̬E̬N̬A̬R̬N̬Y̬A̬: 𝕄𝔼𝕄𝔹𝔸𝕃𝕀𝕂𝔸ℕ ℙ𝔼ℝ𝕄𝔸𝕀ℕ𝔸ℕ 𝔻𝔼ℕ𝔾𝔸ℕ 𝕋𝔸𝕂𝕋𝕀𝕂 𝕁𝕀𝕋𝕌 𝔻𝕀 𝕋𝔼ℕ𝔾𝔸ℍ ℙ𝔼ℝ𝕄𝔸𝕀ℕ𝔸ℕ ℙ𝔸𝔻𝔸 𝕋𝕌ℝℕ𝔸𝕄𝔼ℕ ℂ𝔸𝕋𝕌ℝ ℍ𝔸ℝ𝕀𝔸ℕ ℂℍ𝔼𝕊𝕊.ℂ𝕆𝕄 2025
(Oleh: SR.Pakpahan,SST)
Dalam hukum Sorga sesuai Firman Tuhan, ada 3 (tiga) hal utama nilai-nilai kemanusiaan dalam kehidupan yang harus dilakukan setiap insan yaitu: Keadilan, berbelas kasih, dan kesetiaan.
Matius 23:23
Bermain Catur dapat dianggap merepresentasikan kehidupan, dalam kehidupan kadang kala kita bisa saja berbuat salah atau salah melangkah, seperti hal dalam bermain catur di Turnamen Kejuaraan Catur Harian Chess.com 2025 ini. Setiap kesalahan melangkah bukan berarti orangnya bodoh, setiap kesalahan bukan berarti harus diteruskan, tapi kesalahan harus dihentikan dan digantikan dengan berbuat benar atau melangkah yang benar dan akurat agar berhasil memperoleh kesuksesan atau kemenangan dalam hidup. Bila sudah terlanjur salah, langkah kesalahan tidak bisa dimundurkan untuk diulang lagi dengan yang benar, tapi bila terlanjur salah, maka maju terus pakai filosofi "mundur satu langkah untuk maju lima langkah" (masih untung empat langkah) agar sukses dan menang. Setiap langkah yang salah itu, mungkin saja di dalamnya ada-ada saja benarnya, ini diibaratkan seperti yang saya alami dalam kompetisi turnamen catur harian chess.com antara Durloth versus saya SRPakpahanSST .
Dari total keseluruhan para pemain dalam kompetisi Turnamen Kejuaraan Catur Harian Chess.Com 2025 yaitu sebanyak 24760 orang yang di bagi dalam 2051 grup karena penamaan grup dimulai dari grup 14 hingga grup 2064 (dimana grup 1 hingga grup 13 ?), dan masing-masing grup terdiri dari 12 orang, Saya sendiri dan 11 orang peserta lain, ada masuk di grup 219 dengan nama-nama akun peserta grup 219 adalah sebagai berikut:
Babak 1, Grup 219:
1. GM garfield_pg, asal Montenegro, rating 1943.
2. Hifranca, asal Inggris, rating 1391.
3. SRPakpahanSST, asal Indonesia, rating 1361.
4. durloth, asal Belgia, rating 1180.
5. KAMUIXTREME, asal Meksiko, rating 1159.
6. maxturbine , asal Italia, rating 997.
7. BelaBelcho, asal Bulgaria, rating 976.
8. 1Rixet, asal Polandia, rating 800.
9. RisingPhoenix23, asal India, rating 793.
10. FelipeCarvalhoPDC, asal Brazil, rating 546.
11. BOTLukaleri, asal Polandia, rating 501.
12. 7zaki404, asal Moroko, rating 205.
Berikut pertandingan antara Durloth versus saya SRPakpahanSST di hari mulai 01-01-2025 hingga hari berakhir 06-01-2025:
Bidak putih : SRPakpahanSST, elo: 1436
Bidak hitam : durloth , elo: 1160 (durloth dalam terjemahan artinya orang dungu)
Babak: 1
Hari mulai: 31-12-2024
Kontrol waktu : 1/86400
Hari berakhir: 01-06-2025:
Terminasi: SRPakpahanSST menang dengan skakmat.
Hasil : 1-0
Animasi Gif :
Langkah Catur Terbaik Saya di Babak 1, Hari Mulai 31-12-2024 dan Berakhir 01-06-2025:
Berikut Analisis atau Ulasan langkah catur bidak putih (meski salah melangkah tapi akhirnya bisa menang).
Jujur saja, sesaat setelah pertandingan selesai, Mesin Algoritma Chess.com menampilkan analisis permainan bidak putih saya:
- 3 (tiga) kesalahan.
- 0 (nol) blunder
- 0 (nol) meleset
Tetapi setelah saya mendownload Kode PGN dan Animasi GIF maka:
- 1 (satu) kesalahan.
- 1 (satu) blunder
- 0 (nol) meleset
Sebenarnya bidak putih Catur yang saya jalankan, saya melakukan salah langkah sebanyak 5 (lima) bahkan 6 (enam) kali.
Berikut ini Analisis (Ulasan) setiap langkah bidak Catur:
Putih : Di langkah pertama, pembukaan Bird's Opening adalah cara yang menyenangkan saya untuk menjaga kesegaran dalam bermain catur, Pion f4 adalah Bird's Opening (Pembukaan Burung) yaitu pembukaan offbeat (pembukaan tidak biasa) yang dimulai dengan f4, ini menciptakan kelemahan bagi lawan, tetapi mencoba menyerang bagian tengah dan raja hitam dengan cepat (Saya telah memainkan pembukaan Bird's Opening .sebanyak 6360 kali sebagai pemain putih, dengan tingkat kemenangan 49%, belum lagi dengan jenis pembukaan lainnya.
Hitam : membalas dengan langkah Pion d5 merupakan cara yang paling berprinsip untuk bertemu f4, karena cara ini membangun kendali di bagian tengah dan membuka gajah kotak terang.
Putih : Kuda f3 adalah langkah mengembangkan kuda ke arah tengah dan mengendalikan kotak e5 dan d4.
Menggerakkan Perwira yang sama dengan dua kali dalam pembukaan umumnya dianggap sebagai pemborosan tempo, oleh karena itu baru-lah di langkah ke-2 saya menggerakkan Perwira (Kuda).
Hitam : Pion g6, langkah ini mempersiapkan bishop untuk pengembangan.
Putih : Pion b3, ini memungkinkan gajah putih ikut serta dalam permainan.
Di langkah-langkah berikutnya, saya berusaha mencari langkah Pion yang memungkinkan saya untuk mengembangkan Perwira-perwira.
Hitam: membalas dengan Gajah g7 langkah terbaik, Ini mengaktifkan bidak dan sekaligus memenangkan waktu dengan menyerang benteng.
Putih : menangkis dengan Pion d4 sebuah langkah yang luar biasa, Pion ini melompat untuk melindungi benteng.
Hitam : penasaran, melangkah dengan Kuda f6 langkah yang luar biasa, Hitam mengembangkan kuda dan menyerang bagian tengah.
Putih: Gajah b2 adalah langkah bagus, gajah yang sudah fianchettoed (bertunangan)ini memberi tekanan pada diagonal. Di ujung garis diagonal inilah rencana "skakmat" raja hitam karena hitam telah "rokade".
Hitam: 0-0 rokade pendek adalah langkah terbaik, "Castling" mengeluarkan raja dari tengah papan, sekaligus mengembangkan benteng.
Putih: Pion h4 adalah langkah yang salah, langkah ini membiarkan lawan akhirnya memenangkan pion.
Ini di langkah ke-6 untuk pertama kali-nya saya salah melangkah yaitu melangkahkan Pion ke petak h4 (seharusnya langkah terbaik adalah Pion e3).
Kesalahan pertama saya ini dimanfaatkan oleh lawan dengan melangkahkan kudanya. Tapi "dewi fortuna" di pihak saya, langkah kuda hitam pun tidak bagus.
Hitam: Kuda g4 yang terlambat (seharusnya ke h5), Ini menghilangkan kesempatan untuk akhirnya memenangkan pion.
Putih: Pion h5 bagus sekali. Langkah yang luar biasa!
Hitam: Pion h6 adalah langkah yang salah, Memajukan pion di depan raja dapat membahayakan keselamatan raja.
Putih: Kuda e5 langkah tidak akurat, Memainkan bagian yang sama lagi akan memperlambat kemajuan saya dalam pembukaan.
Hitam : Kuda e3 langkah yang salah, Hal ini mengabaikan peluang untuk membuat rantai pion. Hal ini memungkinkan lawan untuk mengembangkan buah catur sekaligus memenangkan tempo pada kuda.
Berikutnya, setelah langkah ke-9 yaitu Qd2 - Kxf1, lalu di langkah ke-10 saya kedua kalinya membuat salah langkah:
Putih: Menteri d3 langkah yang salah, Memindahkan bagian yang sama di sini tidak menambahkan banyak nilai pada posisi putih di pembukaan.
Seharusnya langkah terbaik saya adalah Benteng memakan kuda hitam.
Kesalahan kedua saya melangkahkan Menteri ke petak d3 ini dimanfaatkan oleh lawan dengan melangkahkan gajahnya.
Hitam : Gajah f5 adalah langkah terbaik, Ini mengembangkan sebuah karya sekaligus memenangkan tempo pada Ratu (Menteri).
Bidak Catur putih saya melangkah terus, akhirnya langkah Menteri d3 yang salah menjadi langkah yang terbaik dengan melangkah ke petak f3 (menghindari serangan gajah hitam) sekaligus untuk tujuan segera memenangkan pertandingan (seolah-olah Menteri yang mau memakan kuda hitam, tapi nyatanya Benteng-lah yang memakan kuda hitam dengan gratis).
Putih: Menteri f3 adalah langkah terbaik, ini memenangkan seorang ksatria penunggang kuda.
Sekali lagi "dewi fortuna" di pihak saya, dan hitam melangkahkan kuda hitam-nya dengan tidak bagus.
Hitam: Kuda h2 langkah yang salah, Hal ini menyebabkan hilangnya seorang ksatria.
Putih: Benteng xh2 adalah langkah terbaik, Putih memenangkan seorang ksatria penunggang kuda secara gratis.
Hitam: Gajah e4 langkah yang salah, Ini mengabaikan kesempatan untuk akhirnya memenangkan pion.
Berikutnya, setelah hitam melangkahkan gajahnya ke petak e4 mengancam Menteri putih, di langkah ke-13 saya melangkahkan Menteri ke g3 petak yang aman.
Putih: Menteri g3 yang terlambat, Putih melewatkan cara yang lebih baik untuk memindahkan ratu ke tempat yang aman (lebih aman ke h3).
Hitam: Gajah xc2 sebuah langkah yang luar biasa, Sebuah permainan yang sangat kuat.
Putih: Pion hxg6 adalah bagus sekali, langkah yang luar biasa.
Pion putih h4 di langkah ke-6 yang salah, yang melangkah terus ke petak h5, kini di langkah ke-14 Pion putih ini melangkah dengan memakan pion hitam di petak g6.
Langkah Pion h4 yang salah, terus ke petak h5, lalu menjadi langkah yang luar biasa ke g6 dengan memakan pion hitam di petak g6 (menawarkan pertukaran pion) untuk tujuan lebih memperkuat Benteng menguasai petak lajur h dan Gajah di diagonal petak hitam.
Hitam : Pion fxg6 langkah terbaik, Penangkapan kembali.
Putih : Kuda a3 langkah yang luar biasa. Bagus, putih menemukan cara untuk memenangkan pion.
Hitam : Gajah f5 langkah terbaik. Langkah ini menempatkan gajah pada petak yang lebih aman.
Putih : 0-0 Rokade adalah langkah yang tidak akurat, langkah ini tidak banyak merugikan putih, tetapi juga tidak membantu.
Hitam : Kuda xe5 langkah yang bagus. Ini langkah yang adil.
Putih : Langkah Gajah c3 tidak akurat, putih mengabaikan kesempatan untuk memusatkan kuda sehingga mengendalikan lebih banyak petak.
Hitam : Menteri c6 langkah tidak akurat, Hitam punya keuntungan, tetapi sekarang permainannya hampir seimbang.
Setelah langkah ke-22: Kb2 - e6, lalu di langkah ke-23 untuk ketiga kalinya saya membuat salah langkah Pion ke petak e3.
Putih : Pion e3 adalah langkah yang salah, putih kehilangan kesempatan untuk memusatkan kuda sehingga ia mengendalikan lebih banyak petak.
Seharusnya langkah terbaik saya adalah Kuda ke petak c2.
Kesalahan ketiga saya dengan Pion ke petak e3 ini dimanfaatkan oleh lawan dengan melangkahkan menterinya.
Hitam : Menteri c5 yang terlambat, Ini menghilangkan kesempatan untuk menghukum kesalahan.
Bidak Catur putih saya melangkah terus, akhirnya langkah Pion e3 yang salah ini harus saya lindungi Pion dengan langkah Kuda ke petak c2 sebagai langkah yang luar biasa (melindungi Pion e3 sekaligus menjaga petak a3 dari serangan "skak" menteri hitam) sekaligus untuk tujuan memberi kendali kuda atas lebih banyak petak.
Putih : Kuda c2 langkah yang luar biasa, putih menggerakkan kuda menjauh dari tepi papan, memberikan kendali atas lebih banyak petak.
Hitam : Menteri b6 adalah langkah yang tidak akurat, Ada gerakan yang lebih buruk, tetapi ada juga yang jauh lebih baik.
Putih : Benteng d ke h1 adalah langkah yang salah, putih mengabaikan kesempatan untuk memusatkan kuda sehingga mengendalikan lebih banyak petak.
Kesempatan hitam untuk menghukum kesalahan langkah saya pun datangnya terlambat (hitam melangkahkan raja-nya ke petak h7).
Hitam : Raja h7 yang terlambat, Ini menghilangkan kesempatan untuk menghukum kesalahan.
Akhirnya saya pun memobilisasi Kuda untuk ikut lebih memperkuat serangan.
Putih : Kuda d4 langkah terbaik, putih memobilisasi kuda, sehingga kuda dapat mengendalikan lebih banyak petak.
Hitam : Gajah e4 langkah terbaik, gajah sekarang menempati pos terdepan yang aman .
Putih : Pion f5 adalah sebuah kesalahan besar, putih kehilangan pion dengan cara ini.
Ini kesalahan terbesar saya dengan melangkahkan Pion ke petak f5 mengancam benteng hitam (Langkah terbaik seharusnya Benteng h1 ke petak g1). Tapi langkah Pion ke f5 yang salah ini dengan niat baik agar Kuda menguasai petak f5 yang di-backing-i oleh Menteri.
Ancaman ini dibalas hitam, langsung saja pion hitam memakan Pion putih ini,
Hitam : Pion e xf5 adalah langkah terbaik, Ini adalah cara memenangkan pion.
Putih : Kuda xf5 adalah langkah yang salah, putih membiarkan lawan memenangkan materi melalui pin akhirnya. (seharusnya kuda ke petak e2).
Itu-lah kesalahan keenam kalinya di langkah ke-28 yang saya lakukan dengan melangkahkan Kuda memakan pion hitam di petak f5 (langkah terbaik adalah Kuda ke petak e2). Meski salah langkah, tapi dengan niat mencapai tujuan melakukan "skakmat" raja hitam secepat mungkin di lajur petak h.
Sebenarnya Kuda xf5 adalah langkah luar biasa merupakan langkah krusial yang mengubah arah permainan.
Hitam : Gajah f8 sebuah langkah kesalahan besar, Ini berarti kehilangan ratu. Ini mengabaikan peluang untuk memenangkan materi melalui pin di kemudian hari.(seharusnya langkah bagus Benteng f8)
Diimana pengorbanan Kuda ini memakan pion hitam di petak h6 membuat raja hitam ketakutan mati kena "skak".
Hitam : Benteng xh6 langkah tidak akurat, Hal ini memungkinkan lawan untuk memaksakan skakmat pada akhirnya.
Bidak Catur Putih saya berusaha melakukan skakmat paksa bagi raja hitam secara beruntun, skak pertama di langkah ke-30 dengan Menteri ke petak f7 (Menteri f7+), skak kedua di langkah ke-31 dengan Pion ke petak e6 (Pion e6+),
Putih : Pion e6+ langkah terbaik, putih melanjutkan serangan skakmat.
Hitam : Pion d4 langkah terbaik. Ini menghalangi penyekak dari gajah lawan.
Hitam : Menteri xd4 langkah terbaik, menarik kembali.
Putih : Pion exd4 langkah terbaik, putih terus maju ke skakmat. Ratu (Menteri) hitam itu milik putih
Hitam : Gajah xg2 sebuah langkah yang luar biasa, Salah satu gerakan terbaik.
Berikutnya, Putih melanjutkan serangan skakmat dengan langkah Benteng melakukan skak yang keempat kalinya di lajur petak h,
Putih : Benteng xh6+ langkah yang terbaik, mendekati skakmat yang dipaksakan.
Akhirnya skak kelima adalah skak yang tetakhir dari serangan skakmat beruntun, dan di langkah ke-35 hitam harus mengaku kalah atas serangan Putih.
Putih : Benteng #xh6+# adalah langkah terbaik, putih melakukan skakmat (berhasil menang).
Hitam kalah, putih menang dengan skakmat membuat saya merasa senang memperoleh kemenangan.
Jadi, dari ilustrasi permainan catur yang merepresentasikan perjalanan kehidupan, ini mengingatkan kita untuk dalam menjalani hidup kita tidak usah takut berbuat salah, dibalik setiap kesalahan pasti ada mujurnya, mujizat pasti akan berlangsung, asalkan ada niat baik hati kita untuk mencapai tujuan yang kita harapkan.
Demikian, semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment