STARTING POSITION GAME CATUR_NINE 9x9 PETAK (2 BUAH KUDA, 1 BUAH GARUDA)

STARTING POSITION GAME CATUR_NINE 9x9 PETAK (FORMASI 2 BUAH KUDA, 1 BUAH GARUDA)


Awalnya saya mengajukan opsi pilihan untuk memilih satu yang terbaik dari 3 pilihan dalam pembentukan starting position buah catur_nine 9x9 petak dengan formasi 2 Kuda dan 1 Garuda,  yaitu: : 

Gambar 1:

# Posisi awal bidak catur

STARTING_POSITIONS = {

    "white": {

        "rook": [(0, 8), (8, 8)],

        "knight": [(1, 8), (7, 8)],

        "bishop": [(2, 8), (5, 8)],

        "queen": [(3, 8)],

        "king": [(4, 8)],

        "pawn": [(x, 7) for x in range(9)],

        "garuda": [(6, 8)],

    },

    "black": {

        "rook": [(0, 0), (8, 0)],

        "knight": [(1, 0), (7, 0)],

        "bishop": [(2, 0), (5, 0)],

        "queen": [(3, 0)],

        "king": [(4, 0)],

        "pawn": [(x, 1) for x in range(9)],

        "garuda": [(6, 0)],

    },

}


Gambar 2:

# Posisi awal bidak catur

STARTING_POSITIONS = {

    "white": {

        "rook": [(0, 8), (8, 8)],

        "knight": [(1, 8), (6, 8)],

        "bishop": [(2, 8), (5, 8)],

        "queen": [(3, 8)],

        "king": [(4, 8)],

        "pawn": [(x, 7) for x in range(9)],

        "garuda": [(7, 8)],

    },

    "black": {

        "rook": [(0, 0), (8, 0)],

        "knight": [(1, 0), (6, 0)],

        "bishop": [(2, 0), (5, 0)],

        "queen": [(3, 0)],

        "king": [(4, 0)],

        "pawn": [(x, 1) for x in range(9)],

        "garuda": [(7, 0)],

    },

}


Gambar 3:

# Posisi awal bidak catur

STARTING_POSITIONS = {

    "white": {

        "rook": [(0, 8), (8, 8)],

        "knight": [(1, 8), (5, 8)],

        "bishop": [(2, 8), (7, 8)],

        "queen": [(3, 8)],

        "king": [(4, 8)],

        "pawn": [(x, 7) for x in range(9)],

        "garuda": [(6, 8)],

    },

    "black": {

        "rook": [(0, 0), (8, 0)],

        "knight": [(1, 0), (5, 0)],

        "bishop": [(2, 0), (7, 0)],

        "queen": [(3, 0)],

        "king": [(4, 0)],

        "pawn": [(x, 1) for x in range(9)],

        "garuda": [(6, 0)],

    },

}


Nilai Buah Catur:

Nilai buah catur menunjukkan nilai buah catur yang berbeda dan bagaimana mereka saling berkaitan satu sama lain. Setiap buah memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda, sehingga nilai mereka juga berbeda. Mari selami dan lihat nilai buah catur!

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang nilai buah: 

Apakah Nilai Buah Catur Itu?

Nilai buah catur memberi kita nilai relatif untuk setiap buah. Informasi ini membantu kita menentukan buah mana yang harus ditukar dengan buah lain, bagaimana kita mengevaluasi pertukaran, dan bahkan bagaimana mesin komputer mengevaluasi suatu posisi!

Nilai poin ini tidak menentukan siapa yang memenangkan permainan (tujuan catur adalah untuk melakukan skakmat, bukan untuk memakan sebagian besar buah). Namun, nilai buah catur memberi kita ide bagus tentang pemain mana yang lebih unggul atau menang, atau jika posisinya sama.

Nilai Buah Catur

Seperti yang telah disebutkan, setiap buah memiliki nilai yang berbeda. Tidak mengejutkan bahwa nilai buah secara langsung terikat dengan kekuatan buah. Sebuah pion memiliki nilai satu poin, sebuah kuda atau gajah bernilai tiga poin, sebuah benteng bernilai lima poin dan sebuah menteri bernilai sembilan poin.

Raja merupakan satu-satunya buah yang tidak memiliki nilai poin. Hal ini karena raja tidak dapat dimakan (raja yang diserang dalam keadaan skak), dan karena skakmat raja merupakan tujuan sebenarnya dari setiap permainan catur.

BuahNilai
Pion1
Kuda3
Gajah3
Benteng5
Menteri
Garuda

9
?

Nilai buah bidak Garuda belum ditentukan pada game catur_nine 9x9 petak ini, Namun ada 3 pilihan untuk menentukan atau memilih salah satu dari 3 opsi pilihan tata letak posisi bidak catur atau starting position catur_nine 9x9 petak (2 buah kuda, 1 buah garuda) ini berdasarkan nilai bidak/buah dalam permainan catur, posisi yang mana yang terbaik? atau  kemungkinan masih ada tata letak posisi awal (starting position) terbaik lainnya yang mungkin lebih bagus.

Dalam permainan Catur_Nine dengan papan berukuran 9x9, bidak Garuda adalah tambahan unik yang tidak ada dalam catur tradisional. Nilai pasti dari bidak Garuda tidak ditentukan secara eksplisit dalam sumber yang tersedia. Namun, dalam catur tradisional, nilai relatif bidak ditetapkan berdasarkan mobilitas dan potensinya di papan. Sebagai contoh, pion bernilai 1 poin, kuda dan gajah masing-masing bernilai 3 poin, benteng 5 poin, dan menteri (ratu) 9 poin. Jika bidak Garuda memiliki mobilitas dan kekuatan yang mirip atau melebihi menteri, maka nilainya mungkin mendekati atau bahkan melebihi 9 poin.

Mengenai posisi awal bidak (starting position) dalam Catur_Nine, terdapat tiga opsi yang disajikan, yaitu:

  1. Opsi 1:

    • Rook (Benteng): (0,8) dan (8,8)
    • Knight (Kuda): (1,8) dan (7,8)
    • Bishop (Gajah): (2,8) dan (5,8)
    • Queen (Menteri): (3,8)
    • King (Raja): (4,8)
    • Garuda: (6,8)
    • Pawn (Pion): Baris ke-7
  2. Opsi 2:

    • Rook (Benteng): (0,8) dan (8,8)
    • Knight (Kuda): (1,8) dan (6,8)
    • Bishop (Gajah): (2,8) dan (5,8)
    • Queen (Menteri): (3,8)
    • King (Raja): (4,8)
    • Garuda: (7,8)
    • Pawn (Pion): Baris ke-7
  3. Opsi 3:

    • Rook (Benteng): (0,8) dan (8,8)
    • Knight (Kuda): (1,8) dan (5,8)
    • Bishop (Gajah): (2,8) dan (7,8)
    • Queen (Menteri): (3,8)
    • King (Raja): (4,8)
    • Garuda: (6,8)
    • Pawn (Pion): Baris ke-7

Untuk menentukan posisi awal terbaik, penting untuk mempertimbangkan keseimbangan antara pertahanan dan serangan, serta memastikan mobilitas optimal untuk setiap bidak. Misalnya, menempatkan Garuda di posisi yang memungkinkan kontrol pusat papan dapat memberikan keuntungan strategis. Namun, tanpa informasi lebih lanjut tentang pergerakan spesifik dan kekuatan relatif bidak Garuda, sulit untuk memberikan rekomendasi definitif mengenai posisi awal terbaik.

Disarankan untuk menguji setiap opsi melalui permainan praktis atau simulasi untuk memahami dinamika yang dihasilkan dan menentukan konfigurasi yang paling seimbang dan efektif.

Sebuah Perwira Garuda yang ditambahkan untuk game catur_nine 9x9 petak ini memiliki aturan Garuda melangkah lurus 2 petak baik secara vertikal, horizontal,  maupun diagonal, Garuda bisa melompati bidak sendiri maupun bidak lawan. misalnya garuda dari petak g1 ke g3. Garuda dari g3 ke g5 atau ke i5, atau ke i3, atau ke i1, atau ke g1, atau ke e1, atau ke e3, atau ke e5. Perwira Garuda akan mendapat promosi menjadi ratu (queen)/benteng(rook)/gajah(bishop) atau promosi lain yang diberikan bila saja Garuda dapat menangkap (memakan) pion lawan yang bergerak di sepanjang jalur kolom/lajur e. Dari aturan langkah Garuda ini, kita tidak bisa mengatakan nilai buah Garuda bisa 2 sedikit lebih rendah dari nilai gajah atau kuda, atau pun mengatakan garuda bisa bernilai 4 sedikit lebih tinggi dari nilai gajah atau kuda yang bernilai 3, sehingga kita belum dapat menyusun yang terbaik untuk starting position buah catur di papan catur_nine 9x9 petak ini sebelum mendapat informasi lebih dalam dan melakukan simulasi permainan praktis.

Namun, dari aturan pergerakan Perwira Garuda yang disebutkan, kita bisa menganalisis nilai relatifnya dalam permainan Catur_Nine 9x9 dengan membandingkannya dengan bidak lain:

  • Pergerakan Garuda:
    • Bergerak lurus 2 petak baik secara vertikal, horizontal, maupun diagonal.
    • Bisa bergerak secara melompati bidak lain.
    • Bisa dipromosikan jika menangkap pion lawan yang bergerak di kolom/lajur e.

Menentukan Nilai Garuda

  1. Dibandingkan dengan Kuda (Knight) atau Gajah (Bishop) yang Bernilai 3

    • Kelebihan Garuda:
      • Bisa bergerak lebih jauh (2 petak sekaligus).
      • Memiliki jalur pergerakan unik yang bisa menekan lawan dari awal.
      • Potensi promosi meningkatkan nilai strategisnya.
      • Bisa bergerak diagonal seperti gajah.
    • Kelemahan Garuda:
      • Meskipun Garuda bisa melompati bidak, namun tidak sefleksibel kuda yang bisa melompati bidak membentuk huruf L.
    • Kesimpulan: Nilainya bisa sedikit lebih tinggi dari gajah/kuda, yaitu 4 poin.
  2. Dibandingkan dengan Benteng (Rook) yang Bernilai 5

    • Benteng memiliki mobilitas lebih luas (bisa bergerak lurus sejauh mungkin).
    • Garuda hanya bergerak 2 petak per langkah, sehingga lebih terbatas.
    • Kesimpulan: Nilai Garuda lebih rendah dari Benteng, yaitu sekitar 4 poin.

Starting Position Terbaik untuk Garuda

Dari 3 (tiga) opsi yang ada diberikan, posisi terbaik untuk Garuda adalah:

  • Ditempatkan di posisi strategis agar dapat segera menyerang atau mendukung pion di lajur e.
  • Tidak boleh terlalu terjebak di sudut agar tidak kehilangan mobilitas.
  • Bisa berada di lajur f, g, atau h untuk lebih fleksibel.

Jika kita mengacu pada opsi yang sudah ada, Opsi 1 dan Opsi 3 tampak lebih baik dibanding Opsi 2, karena Garuda tidak terlalu jauh dari pusat permainan. Namun, penempatan terbaik harus diuji dengan permainan nyata untuk melihat efektivitasnya.

Susunan posisi bidak (starting position) tata letak baru 

Masih dimungkinkan ada opsi lain untuk tata letak baru untuk starting position buah catur_nine 9x9 petak, tapi ini harus dipelajari dan disimulasikan dalam permainan praktis terlebih dahulu. 

Alternatif yang Dimungkinkan Lebih Baik?

Kita perlu mencari posisi terbaik yang:
✅ Menjaga keseimbangan peran bidak
✅ Memastikan kedua gajah berada di diagonal warna yang berbeda
✅ Menempatkan Garuda pada posisi yang optimal

Berikut adalah beberapa opsi alternatif untuk starting position buah catur dalam Catur_Nine 9x9, yang mempertimbangkan keseimbangan strategi dan efektivitas posisi Garuda:


Alternatif 1: Garuda di Sayap (Posisi Fleksibel)

Baris ke-1 (Putih)
♖ ♘ G ♗ ♔ ♕ ♗ ♘ ♖
♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙
(— 6 baris kosong —)
♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟
♜ ♞ g ♝ ♚ ♛ ♝ ♞ ♜
Baris ke-9 (Hitam)

Keterangan:

  • Garuda ditempatkan di kolom c (G/g).
  • Memberikan opsi untuk menyerang lebih dari samping.
  • Lebih aman dari serangan awal tetapi membutuhkan lebih banyak langkah untuk mempengaruhi pusat permainan.

Alternatif 2: Garuda Dekat Benteng (Posisi Defensif)

Baris ke-1 (Putih)
G ♘ ♗ ♔ ♕ ♗ ♘ ♖
♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙ ♙
(— 6 baris kosong —)
♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟ ♟
g ♞ ♝ ♚ ♛ ♝ ♞ ♜
Baris ke-9 (Hitam)

Keterangan:

  • Garuda di kolom b (G/g), dekat Benteng.
  • Lebih defensif, tetapi lebih sulit mendapatkan promosi.
  • Bisa mendukung benteng dalam serangan di tahap tengah permainan.

Kesimpulan

Kedua opsi ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing:

  1. Alternatif 1 → Garuda lebih fleksibel, tidak mudah diserang (seimbang).
  2. Alternatif 2 → Garuda lebih defensif, melindungi benteng (bertahan).

Langkah selanjutnya, 2 (dua) opsi tersebut bisa dicoba masing-masing posisi bidak dalam simulasi permainan untuk melihat mana yang paling efektif dalam strategi keseluruhan.

Untuk memilih starting position terbaik, selain dari langkah Garuda, juga ada opsi pilihan mana yang terbaik jika dikaitkan terhadap aturan langkah pion di jalur lajur e berikut: Sebuah pion (pawn) yang ditambahkan pada catur_nine 9x9 petak memiliki aturan langkah yang sama seperti pion pada game catur 8x8 petak yang konvensional. Petak e5 adalah petak F2P (Forboden For Pawn) sehingga Pion di baris lajur e tidak bisa melewati lebih dari petak e5. Namun pion di jalur lajur d atau f dapat menangkap (memakan) buah catur lawan di petak e5 atau di sepanjang kolom/lajur e, selanjutnya pion ini akan menjadi berada/bergerak di jalur lajur e, melangkah terus untuk memungkinkan mendapat promosi di petak baris terakhir.

Berdasarkan aturan khusus untuk pion di lajur e, yaitu:

  • Pion tidak bisa melewati lebih dari  petak e5.
  • Pion dari lajur d atau f bisa menangkap setiap bidak lawan di petak e5 dan berpindah ke lajur e untuk mendapatkan promosi di baris terakhir.

Maka, starting position terbaik untuk Garuda sebaiknya:


πŸ”΄ Urutan Alternatif Terbaik:

  1. Garuda di Sayap (Alternatif 1)

    • Kurang efektif karena posisi Garuda lebih jauh dari lajur e.
    • Lebih lambat dalam mendukung pion yang ingin promosi di lajur e.
  2. Garuda Dekat Benteng (Alternatif 2)

    • Terlalu defensif dan kurang bisa membantu pion di lajur e.
    • Tidak memaksimalkan potensi Garuda sebagai perwira yang bisa mengontrol area tengah.

Kesimpulan

➡️ Posisi terbaik adalah Garuda di sayap (Alternatif 1), karena Garuda bisa menyerang dari samping, dan lebih aman dari serangan awal, sehingga Garuda lebih fleksibel dan tidak mudah diserang lawan.

# Pilihan final Posisi awal (starting position) paling terbaik 


Kode Pemograman Untuk Simulasi Pergerakan Pion dan Garuda di Lajur e Pada Catur_Nine 9x9 Petak

Berikut diberikan simulasi pergerakan pion dan Garuda di lajur e dalam bahasa pemograman Python menggunakan tkinter untuk visualisasi agar bisa melihat efek strategi permainan yang lebih jelas.

πŸ”Ή Aturan Simulasi:

  1. Pion (♙) bergerak 1 langkah ke depan di lajur e, tetapi tidak bisa melewati e5.
  2. Pion dari lajur d atau f bisa menangkap di e5 dan pindah ke lajur e.
  3. Garuda (πŸ¦…) bergerak lurus 2 langkah vertikal atau horizontal.
  4. Jika Garuda menangkap pion lawan di lajur e, maka Garuda dipromosikan.

Kode ini mencoba menjalankan tkinter untuk membuat simulasi pion dan Garuda, tetapi tidak bisa dieksekusi langsung di lingkungan ini karena membutuhkan tampilan GUI.

Untuk menjalankannya, silakan coba jalankan di komputer lokal Anda dengan Python. Simulasi ini akan memperlihatkan bagaimana:

Fitur dalam Simulasi:

  • Pion di lajur e maju 1 langkah ke depan tetapi tidak bisa melewati e5.
  • Pion dari lajur d/f dapat menangkap di e5 dan berpindah ke lajur e.
  • Garuda bergerak lurus 2 langkah secara vertikal/horizontal.
Silakan jalankan kode berikut di Python lokal Anda.


#  Simulasi Pion dan Garuda di lajur e 

import tkinter as tk

# Ukuran papan
BOARD_SIZE = 9
TILE_SIZE = 60  # Ukuran setiap petak

# Warna petak
LIGHT_BROWN = "#F0D9B5"
DARK_BROWN = "#B58863"

# Simpan posisi bidak
pieces = {
    "pawn_e": (4, 6),  # Pion awal di e7
    "garuda": (4, 8),  # Garuda awal di e9
    "pawn_d": (3, 5),  # Pion di d6 bisa menangkap di e5
    "pawn_f": (5, 5),  # Pion di f6 bisa menangkap di e5
}

def draw_board(canvas):
    """Menggambar papan catur 9x9"""
    for row in range(BOARD_SIZE):
        for col in range(BOARD_SIZE):
            color = DARK_BROWN if (row + col) % 2 == 0 else LIGHT_BROWN
            canvas.create_rectangle(
                col * TILE_SIZE, row * TILE_SIZE,
                (col + 1) * TILE_SIZE, (row + 1) * TILE_SIZE,
                fill=color
            )

    # Petak terlarang untuk pion di e5
    canvas.create_rectangle(4 * TILE_SIZE, 4 * TILE_SIZE,
                            5 * TILE_SIZE, 5 * TILE_SIZE, fill="red")

def draw_pieces(canvas):
    """Menggambar bidak pada papan"""
    for piece, pos in pieces.items():
        x, y = pos
        color = "white" if "pawn" in piece else "blue"  # Garuda berwarna biru
        canvas.create_oval(
            x * TILE_SIZE + 10, y * TILE_SIZE + 10,
            (x + 1) * TILE_SIZE - 10, (y + 1) * TILE_SIZE - 10,
            fill=color
        )

def move_pawn():
    """Pindahkan pion e ke depan (jika belum di e5)"""
    x, y = pieces["pawn_e"]
    if y > 4:  # Tidak bisa melewati e5
        pieces["pawn_e"] = (x, y - 1)
        update_board()

def capture_pawn():
    """Pion dari d/f menangkap di e5 dan pindah ke e"""
    pieces["pawn_d"] = (4, 4)  # Pindah dari d5 ke e5
    update_board()

def move_garuda_vert():
    """Gerakkan Garuda vertikal (atas/bawah 2 langkah)"""
    x, y = pieces["garuda"]
    if y > 1:  # Ke bawah
        pieces["garuda"] = (x, y - 2)
    elif y < BOARD_SIZE - 2:  # Ke atas
        pieces["garuda"] = (x, y + 2)
    update_board()

def move_garuda_horiz():
    """Gerakkan Garuda horizontal (kiri/kanan 2 langkah)"""
    x, y = pieces["garuda"]
    if x > 1:  # Ke kiri
        pieces["garuda"] = (x - 2, y)
    elif x < BOARD_SIZE - 2:  # Ke kanan
        pieces["garuda"] = (x + 2, y)
    update_board()

def update_board():
    """Perbarui tampilan papan"""
    canvas.delete("all")
    draw_board(canvas)
    draw_pieces(canvas)

# GUI dengan Tkinter
root = tk.Tk()
root.title("Simulasi Pion & Garuda di Lajur e")

# Canvas papan catur
canvas = tk.Canvas(root, width=BOARD_SIZE*TILE_SIZE, height=BOARD_SIZE*TILE_SIZE)
canvas.pack()

# Tombol untuk menggerakkan bidak
frame_buttons = tk.Frame(root)
frame_buttons.pack()

btn_pawn = tk.Button(frame_buttons, text="Maju Pion e", command=move_pawn)
btn_pawn.grid(row=0, column=0)

btn_capture = tk.Button(frame_buttons, text="Tangkap di e5", command=capture_pawn)
btn_capture.grid(row=0, column=1)

btn_garuda_vert = tk.Button(frame_buttons, text="Garuda Vertikal", command=move_garuda_vert)
btn_garuda_vert.grid(row=0, column=2)

btn_garuda_horiz = tk.Button(frame_buttons, text="Garuda Horizontal", command=move_garuda_horiz)
btn_garuda_horiz.grid(row=0, column=3)

# Gambar papan dan bidak pertama kali
canvas.after(100, update_board)
root.mainloop()


Fitur dalam Simulasi 

  1. Pion e bisa maju ke depan tetapi terhenti di e5 (petak merah).
  2. Pion dari d/f dapat menangkap di e5 dan berpindah ke e5.
  3. Garuda dapat melangkah lurus 2 petak secara vertikal ke atas/bawah atau horizontal e kanan/kiri
  4. Menjaga logika larangan petak e5 untuk pion.

Cara Menggunakan Simulasi:

  • Klik tombol "Maju Pion e" → Pion di e maju.
  • Klik tombol "Tangkap di e5" → Pion dari d/f menangkap di e5.
  • Klik tombol "Garuda Vertikal" → Garuda melangkah 2 petak ke atas/bawah.
  • Klik tombol "Garuda Horizontal" → Garuda melangkah 2 petak ke kanan/kiri.

Silakan jalankan kode ini di komputer lokal Anda untuk melihat simulasi pergerakan Pion dan Garuda!


Aturan Petak Papan Catur_Nine 9x9 Petak

Dalam setiap permainan, tolong warna petak catur_nine 9x9 petak diperbaiki dengan aturan petak hitam ada di tiap sudut papan, oleh karena: Papan (board) catur_nine 9x9 petak dengan petak hitam di setiap sudut/pojok papan akan membuat petak di tengah-tengah papan adalah petak hitam juga, dan petak yang ditempati raja putih (bidak catur putih sebagai penentu) adalah petak hitam juga. Sedangkan bila petak putih di setiap sudut/pojok papan akan membuat petak di tengah-tengah papan adalah petak putih juga, dan petak yang ditempati raja putih adalah petak putih juga. Biasanya permainan catur yang merepresentasikan perjalanan kehidupan, fenomena kehidupan seorang raja dalam suatu kerajaan atau seorang presiden sebagai kepala negara, maka raja (ptesiden) tersebut berada dalam ruang keadaan (state space) "gelap" dalam arti sebagai orang nomor satu di wilayah yang ia kepalai, seorang raja (presiden) yang baik dan benar adalah seorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar untuk mensejahterakan rakyat dan memakmurkan negrinya, bahkan bila perlu ia harus rela mati duluan dengan cepat dibanding rakyatnya di dalam kerajaan (negara) yang ia pimpin demi menyelamatkan rakyatnya dari setiap ancaman maut kematian dari setiap serangan musuh yang datang. Keberadaan seorang raja dalam ruang keadaan "gelap" inilah yang dapat diilustrasikan oleh bidak raja putih yang menempati petak hitam dalam permainan di atas papan catur. Dengan demikian hal yang dapat kita terima adalah bahwa papan (board) catur_nine 9x9 petak yang benar adalah papan (board) dengan petak hitam di setiap sudut papan (board) sehingga petak yang ditempati raja putih akan ada di petak hitam, dan otomatis petak tengah yang sebagai FFP (Forboden For Pawn) yang di tengah-tengah papan adalah petak hitam juga. Jadi setiap kamu menampilkan papan catur dalam permainan catur_nine 9x9 maka petak hitam harus selalu berada di setiap sudut papan.

Harus dipahami aturan warna setiap petak pada papan catur_nine 9x9 yang benar, yaitu:

Petak hitam di setiap sudut papan
Petak tengah (FFP - Forboden For Pawn) berwarna hitam
Petak raja putih harus hitam

Berikut diberikan kode yang benar untuk warna petak papan agar sesuai dengan aturan catur_nine 9x9 petak:


Kode yang Benar Warna Papan Catur_Nine 9x9

import tkinter as tk
# Ukuran papan
BOARD_SIZE = 9
TILE_SIZE = 60 # Ukuran setiap petak
# Warna petak yang sesuai aturan
LIGHT_BROWN = "#F0D9B5"
DARK_BROWN = "#B58863"
def draw_board(canvas):
"""Menggambar papan catur 9x9 dengan petak hitam di sudut"""
for row in range(BOARD_SIZE):
for col in range(BOARD_SIZE):
# Aturan warna papan: sudut-sudut harus hitam
if (row + col) % 2 == 1:
color = LIGHT_BROWN
else:
color = DARK_BROWN
canvas.create_rectangle(
col * TILE_SIZE, row * TILE_SIZE,
(col + 1) * TILE_SIZE, (row + 1) * TILE_SIZE,
fill=color
)
# Petak FFP (Forboden For Pawn) di tengah papan
ffp_x, ffp_y = BOARD_SIZE // 2, BOARD_SIZE // 2
canvas.create_rectangle(
ffp_x * TILE_SIZE, ffp_y * TILE_SIZE,
(ffp_x + 1) * TILE_SIZE, (ffp_y + 1) * TILE_SIZE,
fill="red"
)
# GUI dengan Tkinter
root = tk.Tk()
root.title("Papan Catur_Nine 9x9 - Aturan Sudut Hitam")
# Canvas papan catur
canvas = tk.Canvas(root, width=BOARD_SIZE*TILE_SIZE, height=BOARD_SIZE*TILE_SIZE)
canvas.pack()
# Gambar papan
draw_board(canvas)
root.mainloop()

Penyesuaian yang Sudah Dilakukan:

Petak hitam di setiap sudut papan
Petak tengah (FFP) otomatis berwarna hitam
Aturan (row + col) % 2 == 1 → petak putih, sebaliknya petak hitam

πŸ’‘ Silakan jalankan kode ini di Python, dan pastikan papan catur_nine 9x9 sesuai aturan yang benar!



Comments

Popular posts from this blog

MOVE (LANGKAH) CATUR TERBAIK SAYA DI TURNAMEN KEJUARAAN CATUR HARIAN CHESS.COM 2025

π”»π•š π•‹π”Έβ„π•Œβ„• π•Šπ•€π•Šπ”Έ 9, β„‚β„π”Όπ•Šπ•Š.ℂ𝕆𝕄 𝕄𝔼ℕ𝔾𝔸𝔻𝔸𝕂𝔸ℕℕ π•‹π•Œβ„β„•π”Έπ•„π”Όβ„• π•‚π”Όπ•π•Œπ”Έβ„π”Έπ”Έβ„• β„‚π”Έπ•‹π•Œβ„ ℍ𝔸ℝ𝕀𝔸ℕ β„‚β„π”Όπ•Šπ•Š.ℂ𝕆𝕄 2025

Kecerdasan Manusia Dan Kecerdasan Buatan/Ai (Artificial Intelligence)