Permainan Catur saya SR.Pakpahan,SST di Turnamen Kejuaraan Catur Harian Chess.com 2025

 Permainan Catur saya SR.Pakpahan,SST di Turnamen   Kejuaraan Catur Harian Chess.com 2025



Dari total keseluruhan para pemain 24760 orang di bagi dalam 2051 grup karena   penamaan grup dimulai dari grup 14 hingga grup 2064  dan masing-masing grup terdiri dari 12 orang, Saya sendiri dan 11 orang peserta lain, ada masuk di grup 219 dengan nama-nama akun peserta grup 219 adalah sebagai berikut: 

Babak 1, Grup 219:

1.   GM garfield_pg,  asal Montenegro, peringkat 1943.

2.   Hifranca,  asal Inggris, peringkat 1391. 

3.   SRPakpahanSST, asal Indonesia, rating 1361.

4.    durloth, asal Belgia, peringkat 1180.

5.    KAMUIXTREME, asal Meksiko, peringkat 1159.

6.   maxturbine , asal Italia, peringkat 997.

7.    BelaBelcho, asal Bulgaria, peringkat 976.

8.   1Rixet, asal Polandia, peringkat 800.

9.   RisingPhoenix23, asal India, peringkat 793.

10.   FelipeCarvalhoPDC, asal Brazil, rating 546.

11.    BOTLukaleri, asal Polandia, peringkat 501.

12.    7zaki404, asal Moroko, peringkat 205.




Di Hari ke-5, Langkah Terbaik saya SR.Pakpahan,SST di Babak 1 Turnamen  Kejuaraan Catur Harian Chess.com 2025 

Sebelumnya saya harus menghubungkan akun saya ke grup komunitas  Discord resmi Chess.com  di sini  menghubungkan akun   agar saya mengirimkan langkah terbaik catur saya ke sana, dan langkah terbaik yang saya kirimkan adalah       kategori baru yang fokus pada langkah-langkah tertentu dan penjelasan/pemikiran saya di balik langkah-langkah tersebut. 

Langkah Terbaik Saya di Babak 1, Hari Mulai 31-12-2024 dan Berakhir 01-06-2025:

Pertandingan antara   Durloth   versus saya   SRPakpahanSST . 

Bidak putih :  SRPakpahanSST, elo:   1436  

Bidak   hitam durlothelo     1160 

Kontrol waktu  : 1/86400

Terminasi:    SRPakpahanSST menang dengan skakmat.

Hasil : 1-0 

 Animasi  Gif : 



1. f4 d5 
2. Nf3 g6 
3. b3 Bg7 
4. d4 Nf6 
5. Bb2 O-O 
6. h4 Ng4 
7. h5 h6 
8. Ne5 Ne3 
9. Qd2 Nxf1 
10. Qd3 Bf5 
11. Qf3 Nh2 
12. Rxh2 Be4 
13. Qg3 Bxc2 
14. hxg6 fxg6 
15. Na3 Bf5 
16. Nxg6 Rf6 
17. Ne5 Nd7 
18. O-O-O Nxe5 
19. dxe5 Rg6 
20. Qf2 Qd7 
21. Bc3 Qc6 
22. Kb2 e6 
23. e3 Qc5 
24. Nc2 Qb6 
25. Rdh1 Kh7 
26. Nd4 Be4 
27. f5 exf5 
28. Nxf5 Bf8 
29. Nxh6 Rxh6 
30. Qf7+ Kh8 
31. e6+ d4 
32. Bxd4+ Qxd4+ 
33. exd4 Bxg2 
34. Rxh6+ Bxh6 
35. Rxh6# 1-0

Analisis Langkah Bidak Putih:

Sesaat setelah pertandingan selesai, mesin algoritma Chess.com menampilkan :

     - 3 (tiga) kesalahan.

     - 0 (nol) kesalahan

     - 0 (nol) meleset

Tetapi setelah saya mendownload Kode PGN dan Animasi GIF maka:

     - 1 (satu) kesalahan.

     - 1 (satu) kesalahan

     - 0 (nol) meleset


Kerja bagus menggambarkan permainan dengan taktik jitu di tengah permainan!

Bermain catur bahkan di kompetisi  catur menuntut pemain memberikan kualitas prima yang sama seperti semua karya seni musik, ini tidak berbeda dengan yang pernah dikatakan Vladimir Nabokov: "Problem catur menuntut pembuatnya memberikan kualitas yang sama seperti semua mahakarya seni." 

Dan seperti yang dikatakan Garry Kasparov, GrandMaster pecatur dunia “Usaha yang konsisten akan menghasilkan hasil, meskipun tidak secara langsung atau terlihat secara nyata.”

Putih : Di  langkah pertama , pembukaan jenis ini adalah cara yang menyenangkan saya untuk menjaga kesegaran dalam bermain catur, Pion f4 adalah Pembukaan Burung yaitu pembukaan offbeat ( pembukaan tidak bias)  yang dimulai dengan f4, menciptakan kelemahan bagi lawan, tetapi mencoba menyerang bagian tengah dan raja hitam dengan cepat (Saya telah memainkan pembukaan  Bird's Opening  . sebanyak  6360 kali sebagai pemain putih, dengan tingkat kemenangan 49%.

Hitam membalas dengan langkah  Pion d5 merupakan cara yang paling berprinsip untuk bertemu f4, karena cara ini membangun kendali di bagian tengah dan membuka gajah kotak terang.

Putih : Kuda f3 adalah langkah mengembangkan kuda ke arah tengah dan mengendalikan kotak e5 dan d4.

Menggerakkan Perwira yang sama dua kali dalam pembukaan umumnya dianggap sebagai pemborosan tempo, oleh karena itu baru-lah di langkah  ke-2  saya menggerakkan Perwira (kuda).

Hitam : Pion g6, langkah ini mempersiapkan uskup untuk  pengembangan.

Putih : Pion b3  Ini memungkinkan gajah Anda ikut serta dalam permainan.

Di langkah-langkah berikutnya, saya mencari langkah Pion yang memungkinkan saya untuk mengembangkan Perwira-perwira.

Hitam: Gajah g7 langkah terbaik, Ini mengaktifkan bidak dan sekaligus memenangkan waktu dengan menyerang benteng.

Putih : Pion d4 sebuah langkah yang luar biasa, Pion ini melompat ke melindungi benteng!

Hitam : Kuda f6 langkah yang luar biasa, Hitam mengembangkan kuda dan menyerang bagian tengah.

Putih: Gajah b2 adalah langkah bagus, gajah yang sudah bertunangan itu memberi tekanan pada diagonal.


Hitam: 0-0 rokade adalah langkah terbaik, "Castling" mengeluarkan raja dari tengah papan, sekaligus mengembangkan benteng.

Putih: Pion h4 adalah langkah yang salah, Anda membiarkan lawan akhirnya memenangkan pion.

Hitam: Kuda g4 yang terlambat (seharusnya ke h5), Ini menghilangkan kesempatan untuk akhirnya memenangkan pion.

Putih: Pion h5 Bagus sekali. Langkah yang luar biasa!

Hitam: Pion h6 adalah langkah yang salah, Memajukan pion di depan raja dapat membahayakan keselamatan raja.

Putih: Kuda e5 langkah tidak akurat, Memainkan bagian yang sama lagi akan memperlambat kemajuan saya dalam pembukaan.

Hitam : Kuda e3 langkah yang salah,  Hal ini mengabaikan peluang untuk membuat rantai pion. Hal ini memungkinkan lawan untuk mengembangkan buah catur sekaligus memenangkan tempo pada kuda.

Putih : Menteri d2 langkah terbaik,  Perkembangannya bagus dan lebih baik lagi dengan tempo itu pada kuda.

Hitam: Kuda xf1 adalah langkah terbaik, Ini memenangkan pion.

Putih: Menteri d3 langkah yang salah, Memindahkan bagian yang sama di sini tidak menambahkan banyak nilai pada posisi putih di pembukaan.

Hitam : Gajah f5 adalah langkah terbaik,  Ini mengembangkan sebuah karya sekaligus memenangkan tempo pada ratu.

Putih: Menteri f3 adalah langkah terbaik, ini memenangkan seorang ksatria.

Hitam: Kuda h2 langkah yang salah, Hal ini menyebabkan hilangnya seorang ksatria.

Putih: Benteng xh2 adalah langkah terbaik, Putih  memenangkan seorang ksatria secara gratis.

Hitam: Gajah e4 langkah yang salah, Ini mengabaikan kesempatan untuk akhirnya memenangkan pion.

Putih: Menteri g3 yang terlambat, Putih melewatkan cara yang lebih baik untuk memindahkan ratu ke tempat yang aman (lebih aman ke h3).

Hitam: Gajah xc2 sebuah langkah yang luar biasa, Sebuah permainan yang sangat kuat.

Putih: Pion hxg6 sebuah langkah yang luar biasa, pilihan yang sangat bagus!

Hitam : Pion fxg6 langkah terbaik,  Penangkapan kembali.

Putih : Kuda a3 langkah yang luar biasa, Bagus, putih menemukan cara untuk memenangkan pion.

Hitam : Gajah f5 langkah terbaik,  Langkah ini menempatkan gajah pada petak yang lebih aman.


Putih : Kuda xg6 langkah terbaik,  Ini adalah cara memenangkan pion.

Hitam : Benteng f6 langkah terbaik,  Serangan  ini menyerang  seekor kuda, memenangkan tempo saat bergerak menjauh.

Putih : Kufa e5 langkah terbaik, Putih menemukan cara untuk  menyematkan  gajah ke raja.

Hitam : Kuda d7 langkah terbaik,  Ini menawarkan untuk  menukar  potongan-potongan (potongan) dengan nilai yang sama.

Putih : 0-0 Rokade adalah langkah yang tidak akurat, langkah ini tidak banyak merugikan putih, tetapi juga tidak membantu.

Hitam : Kuda xe5 langkah yang bagus,  Ini langkah yang adil.

Putih : Pion dxe5 langkah terbaik, langkah ini memenangkan pion.

Hitam : Benteng g6 langkah yang luar biasa,  Ini memenangkan tempo dengan  mengancam  ratu dan memaksanya untuk menjauh.

Putih : Menteri f2 langkah yang bagus, Inilah saat yang tepat bagi putih untuk keluar dari masalah.

Hitam : Menteri d7 langkah terbaik,  Satu bagian lagi ikut beraksi.

Putih : Langkah Gajah c3 tidak akurat, putih mengabaikan kesempatan untuk memusatkan kuda sehingga mengendalikan lebih banyak petak.

Hitam : Menteri c6 langkah tidak akurat,  Hitam punya keuntungan, tetapi sekarang permainannya hampir seimbang.

Putih : Raja b2, langkah terbaik, kerja bagus  dalam mempertahankan gajah itu.

Hitam : Pion e6 langkah tidak akurat,  Ini bukan ide yang tepat (seharusnya pion a5).

Putih : Pion e3 adalah langkah yang salah, putih  kehilangan kesempatan untuk memusatkan kuda sehingga ia mengendalikan lebih banyak petak.

Hitam : Menteri c5 yang terlambat,  Ini menghilangkan kesempatan untuk menghukum kesalahan.

Putih : Kuda c2 langkah yang luar biasa, putih menggerakkan kuda menjauh dari tepi papan, memberikan kendali atas lebih banyak petak.

Hitam : Menteri b6 adalah langkah yang tidak akurat,  Ada gerakan yang lebih buruk, tetapi ada juga yang jauh lebih baik.

Putih : Benteng d ke h1 adalah langkah yang salah,  putih mengabaikan kesempatan untuk memusatkan kuda sehingga mengendalikan lebih banyak petak.

Hitam : Raja h7 yang terlambat,  Ini menghilangkan kesempatan untuk menghukum kesalahan.

Putih : Kuda d4 langkah terbaik, putih memobilisasi kuda , sehingga ia dapat mengendalikan lebih banyak papan.

Hitam : Gajah e4 langkah terbaik,  uskup sekarang menempati  pos terdepan yang aman  .

Putih : Pion f5 adalah sebuah kesalahan besar, putih kehilangan pion dengan cara ini.

Hitam : Pion exf5 adalah langkah terbaik,  Ini adalah cara memenangkan pion.

Putih : Kuda xf5 adalah langkah yang salah, putih membiarkan lawan memenangkan materi melalui pin akhirnya.(seharusnya kuda ke petak e2).

Hitam : Gajah f8 sebuah langkah kesalahan besar,  Ini berarti kehilangan ratu.  Ini mengabaikan peluang untuk memenangkan materi melalui pin di kemudian hari.(seharusnya Benteng f8).

Putih : Kuda xh6 adalah langkah brillian, putih menemukan ide yang tepat dengan  mengorbankan kuda putih!  Langkah ini memenangkan ratu.

Hitam : Benteng xh6 langkah tidak akurat,  Hal ini memungkinkan lawan untuk  memaksakan  skakmat pada akhirnya.

Putih : Menteri f7+, lngkah terbaik, sekarang putih bisa menang dengan skakmat paksa.

Hitam : Raja h8 langkah terbaik,  Ini menjauh dari ratu pemeriksa (penyekak).

Putih : Pion e6+ langkah terbaik, putih melanjutkan serangan skakmat.

Hitam : Pion d4 langkah terbaik,  Ini  menghalangi  pemeriksaan dari gajah lawan.


Putih : Gajah xd4+ sebuah langkah yang luar biasa, putih  melanjutkan serangan untuk skakmat (seharusnya Benteng xh6).

Hitam : Menteri xd4 langkah terbaik,  Menarik kembali.

Putih : Pion exd4 langkah terbaik, putih terus maju ke skakmat.  Ratu itu milik putih

Hitam : Gajah xg2 sebuah langkah yang luar biasa,  Salah satu gerakan terbaik.

Putih : Benteng xh6+ langkah yang terbaik, mendekati skakmat yang dipaksakan.


Hitam : Gajah xh6 adalah langkah yang terpaksa dari hitam,  Penangkapan kembali.

Putih : Benteng #xh6# adalah langkah terbaik, putih melakukan skakmat. 


Selalu terasa menyenangkan saat menang.  Hitam kalah, putih menang dengan skakmat.






Comments

Popular posts from this blog

MOVE (LANGKAH) CATUR TERBAIK SAYA DI TURNAMEN KEJUARAAN CATUR HARIAN CHESS.COM 2025

π”»π•š π•‹π”Έβ„π•Œβ„• π•Šπ•€π•Šπ”Έ 9, β„‚β„π”Όπ•Šπ•Š.ℂ𝕆𝕄 𝕄𝔼ℕ𝔾𝔸𝔻𝔸𝕂𝔸ℕℕ π•‹π•Œβ„β„•π”Έπ•„π”Όβ„• π•‚π”Όπ•π•Œπ”Έβ„π”Έπ”Έβ„• β„‚π”Έπ•‹π•Œβ„ ℍ𝔸ℝ𝕀𝔸ℕ β„‚β„π”Όπ•Šπ•Š.ℂ𝕆𝕄 2025

Kecerdasan Manusia Dan Kecerdasan Buatan/Ai (Artificial Intelligence)